Cara Pengoperasian Pompa Hydrant

Pompa Hydrant

Pengoperasian pompa hydrant bisa dijalankan secara manual dan otomatis. Namun demikian secara umum paket pompa hydrant beroperasi secara otomatis yang di kendalikan oleh Control Panel automatic system. Control Panel inilah yang menjadi otak beroperasinya pompa-pompa tersebut. Control panel dibagi menjadi 3 bagian yaitu control panel automatic untuk elektrik, control panel untuk diesel dan control panel untuk jockey. Setelah system terakit dalam satu ruangan pompa hydrant maka pada saat pompa menyala yang pertama beroperasi adalah pompa jockey. Setelah jockey hydrant mengisi seluruh jaringan pipa hydrant, pada head tertentu yang sudah di setting akan drop / mati di posisi sekian bar maka pompa utama elektrik akan menyala begitu juga dengan diesel hydrant akan menyesuaikan seberapa setingan pada pressure switch dan control panel pada ketiga pompa-pompa tersebut.

 

Untuk detail petunjuk pengoperasian pompa hydrant, ikuti petunjuk sebagai berikut:

 

1.     Jockey hydrant dioperasikan dari control panel hydrant. Naikkan breaker atau MCB (ON) yang ada pada control panel hydrant, bisa dengan manual maupun automatic.

       MANUAL – Putar selector switch ke posisi “MAN”. Pada posisi manual maka jockey START dengan menekan PUSH BUTTON START (warna hijau) dan STOP dengan menekan PUSH BUTTON STOP (warna merah).

       AUTOMATIC – Putar selector switch ke posisi “AUTO”. Pada pengoperasian automatic maka JOCKEY START AUTOMATIC ( ….Kg/Cm2 ) dan STOP AUTOMATIC (…Kg/Cm2).

 

2.     Pengoperasian Diesel Hydrant Pump: dioperasikan dari panel diesel hydrant dan panel engine, untuk mengoperasikan naikkan semua MCB Control Panel di Panel Diesel Hydrant ke posisi “ON”. Diesel Hydrant Pump Dapat dioperasikan dengan 3 cara yaitu:

       AUTOMATIC = Putar selector switch ke posisi “AUTO/A” Diesel Hydrant akan START (…Kg/Cm2) dan untuk STOP diharuskan manual dengan cara menekan PUSH BUTTON ENGINE STOP (warna merah) di panel diesel hydrant.

       MANUAL= Putar selector switch ke posisi “MAN/M”, DIESEL HYDRANT PUMP dioperasikan manual dengan cara menekan PUSH BUTTON GLOW (warna hijau) sampai kurang lebih 3 detik. Kemudian baru menekan PUSH BUTTON START (warna hijau) sampai Engine menyala. Untuk mematikan tekan PUSH BUTTON ENGINE STOP (warna merah).

       KUNCI KONTAK / MANUAL = putar kunci kontak pada panel engine ke posisi “ACC/ON” (ke kanan), lalu tekan PUSH BUTTON GLOW kurang lebih 3 detik. Setelah itu putar kunci ke posisi “START” (ke kanan) dan di tahan sampai ENGINE menyala, kemudian dilepas. Untuk mematikan tekan PUSH BUTTON STOP (warna merah) pada Panel Engine. Secara terus menderas sampai engine mati, lalu putar kontak ke posisi “OFF” (ke kiri).

 

Untuk mengetahui pengertian pompa hydrant elektrik, diesel dan jockey, klik link dibawah:

MERK POMPA HYDrANT

Cara Pengoperasian Pompa Hydrant
Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat
Perlu bantuan?
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Apakah Anda membutuhkan konsultasi untuk spesifikasi?