Jenis Jenis Pompa Transfer di Tinjau dari Cara Kerja

Pompa Transfer

Di artikel sebelumnya, pengertian pompa transfer dan cara pengoperasian pompa transfer sudah terbahas. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis pompa transfer.

Kami jelaskan kembali, yang di maksud dengan Pompa Transfer adalah pompa yang memindahkan liquid/cairan dari satu tempat penampungan ke tempat penampungan berikutnya. Bisa dari tempat yang lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi atau sebalik nya dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Bisa juga memindahkan cairan dari tempat yang datar ke tempat distribusi titik-titik tertentu yang sudah di pasang kran-kran. Sekarang, mari kembali ke topik awal yaitu jenis-jenis pompa transfer.

Pompa dapat di klarifikasi menjadi 3 bagian utama antara lain :

  1. Centrifugal Pompa

Centrifugal Pompa adalah salah satu pompa dimana prinsip kerjanya berdasarkan gaya centrifugal atau gaya yang bekerja mengarah pada poros shaft. Jenis dari pompa centrifugal ini ada yang : Single Stages, Multi Stage, Centrifugal Volute Pompa, Regenerative-Turbin Pompa (memiliki banyak impeller), Vertical turbine (memiliki banyak impeller, tetapi dalam pemasangan di posisikan vertical). Centrifugal Mixel Flow Pompa, Centrifugal Axial Flow Pompa, Centrifugal Radial Flow Etan.

  1. Rotary Pompa

Rotary Pompa digolongkan ke positive displacement Pompa yang artinya : pemindahan sejumlah cairan secara konstan tanpa di pengaruhi kapasitas dab tekanan.Dengan demikian pengoperasian tidak boleh di lakukan penutupan secara menyeluruh pada pipa pengeluaran (shut-off) karena akan mengakibatkan kerusakan pada pompa atau penggerak atau instalasi nya. Jenis untuk tipe pompa ini antara lain : Gear Pompa (Pompa Roda Gigi), Screw Pompa (Pompa Ulir), Lobe Pompa.

  1. Reciprocating Pompa

Reciprocating Pompa prinsip kerja nya juga sama dengan Rotary Pompa. Jenis untuk tipe pompa ini antara lain : Gear Pompa (Pompa Roda Gigi), Scew Pompa (Pompa Ulir), Lobe Pompa.

Seperti itulah jenis-jenis pompa transfer yang dapat kami share pada artikel kali ini. Nantikan artikel kami selanjutnya ya.

Untuk melihat cara kerja pompa transfer, dapat klik link dibawah ini:

MERK POMPA HYDrANT

Jenis Jenis Pompa Transfer di Tinjau dari Cara Kerja
Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat
Perlu bantuan?
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Apakah Anda membutuhkan konsultasi untuk spesifikasi?