Cara Pengoperasian Pompa Transfer

Pompa Transfer

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang pengertian pompa transfer. Di artikel kali ini kami akan menjelaskan cara mudah untuk pengoperasian pompa transfer:

  1. Putar pompa dengan tangan untuk memeriksa arah putaran. Jika gerakan nya lamban atau tidak seimbang berarti ada komponen pompa yang berkarat atau gland packing nya tertalu kencang.
  2. Lepaskan baut kopling dan motor, mulai hidupkan pelan-pelan untuk memeriksa arah putaran. Pompa harus berputar searah jarum jam dilihat dari putaran motor nya. Kencangkan baut kopling setelah pemeriksaan selesai di lakukan.
  3. Pancinglah pompa, pengoperasian pompa tanpa pemancingan akan menyebabkan kerusakan. Bukalah katup pembuangan udara dan pancinglah pompa. Jika pipa telah terisi air maka pompa dapat dipakai untuk mengisi pipa pembuangan. Bukalah katup hisap, katup buang dan katup pembuang udara untuk memancing.
  4. Putarlah pompa dengan tangan saat pemancingan untuk membuang udara dalam casing.
  5. Periksa arah putaran, arah putaran yang benar adalah searah dengan jarum jam, jika dilihat dari putaran motor. Pompa harus dihidupkan dengan gate valve tertutup, dan operator harus membuka valve ini dengan bertahab.
  6. Tutup katup pembuang udara dan katup pembuangan setelah pemancingan selesai dilakukan, jika ada buka katup hisap secara penuh.
  7. Tekan saklar ON dan OFF sebanyak 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali untuk memeriksa kondisi pengoperasian. Pasanglah penutup kopling setelah pemeriksaan selesai dilakukan.
  8. Mulailah secara terus menerus atau bertahab membuka katup buang.
  9. Periksalah tekanan, arus, getaran dan kebisingan dalam kondisi normal. Kran Pressure Gauge dan Compound Gauge harus tertutup rapat, jika terbuka akan menyebabkan komponen tersebut rusak.
  10. Jika tidak terdapat check valve pada pipa buang, tutuplah sluice valve pada pipa buang saat mematikan pompa. Tutup saklar setelah sluice valve tertutup rapat.
  11. Pengoperasian selanjutnya dapat dilakukan tanpa pemeriksaan lagi dengan catatatn semua dalam kondisi normal.

Seperti itu lah pengoperasian pompa transfer dengan mudah yang bisa Anda praktekan untuk pompa Anda.

Untuk info lebih lanjut mengenai pengertian pompa transfer, klik link dibawah ini:

MERK POMPA HYDrANT

Cara Pengoperasian Pompa Transfer
Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat
Perlu bantuan?
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Apakah Anda membutuhkan konsultasi untuk spesifikasi?